Minggu, 10 Februari 2008

arsitekturberkelanjutan

Arsitektur berkelanjutan............ apa dan mengapa ?, arsitektur berkelanjutan adalah satu eksplorasi rancangan arsitektur yang berbasis pada keberlanjutan alam dan lingkungannya yang dilakukan oleh manusia. Suatu rancangan yang ramah terhadap alam dan lingkungan. Suatu rancangan yang mampu memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan secara aktif dan terus menerus. Suatu rancangan yang dapat menjaga keseimbangan sistem alam dan lingkungan.

Mengapa suatu rancangan yang ramah terhadap alam semesta sangat dibutuhkan ???? Bukan suatu wacana lagi bahwa kita harus menciptakan ruang yang nyaman dan hangat, rumah yang sehat dan layak huni, kamar yang tidak lembab dan panas, perabotan yang hemat energi dan tahan lama (durable), dan dengan biaya terjangkau?. Tapi merupakan suatu keharusan dan kewajiban bahwa manusia harus bersahabat dengan alam sekitarnya.

Bagaimana semua itu dapat diciptakan ??? dibangun ???? dan dipertahankan ????, sehingga tetap berlanjut kehidupan manusia di bumi ini >>>>>>>

Dalam bahasa disain/rancangan khususnya dalam lingkup pengetahuan arsitektur adalah upaya seorang disainer/arsitek untuk merangkai warna, menyusun proporsi, memberikan tekstur, mengukur skala, membangun bentuk, dan hasilnya difungsikan untuk kebutuhan beraktifitas bagi penggunanya dengan tujuan akhir adalah menciptakan kenyamanan dan kesejahteraan sehingga kualitas hidup pengguna meningkat dari sebelumnya.

Tidak ada komentar: